Rabu, 06 Mei 2020

Asosiasi Elemen Dramatik – Latihan TbR dari Rumah


Malam ini Tbr kembai menyelenggarakan latihan teater dari rumah melalui WA Group. Materi latihan kali ini adalah “asosiasi” yang dapat dimaknai sebagai “menghubungkan, menyambungkan, menyesuaikan, atau menggolongkan”. Apa yang mesti diasosiasi adalah elemen dramatik misalnya tema, suasana, tokoh, dan latar. Untuk mengawali latihan ini, peserta diberi satu gambar dan diminta secara bebas untuk menuliskan kalimat dialog berdasar gambar tersebut. Masing-masing peserta sangat mungkin memiliki ide berbeda sehingga dialog yang dihasilkan pun beragam. Nah, pada kesempatan selanjutnya, dialog tersebut mesti diubah atau disesuaikan dengan elemen dramatik yang diberikan. Berikut gambar yang mesti dibuat dialognya.

Peserta mesti membuat dialog antara tokoh A dan tokoh B, masing-masing tokoh satu kalimat. Respon dari peserta adalah sebagai berikut.
A: Dul..Dul, topiku baru, lho.
B: Bodo amat.

A : Eh tau nggak sih, aku baru beli topi ini di Singapura lho
B : Oh ya? Wah tumben kamu bisa pergi ke Singapura.

A: Eh liat apaan sih?
B: Gak tau cuma liat2 aja kok

A : Kamu lockdown ngapain aja di rumah?
B : Ya beres-beres rumah sama nonton tivi aja nih.

A : Kok kamu bisa tahu kalau aku sudah sebulan belom makan?
B : Karna lihat mukamu.

A. Kapan kita pergi ke pantai?
B. Besok minggu saja ya sekalian kita kerja kelompok di pantai.

A : Kamu kalau makan kok suka tumpah-tumpah?
B : Biar bisa ngasih makan ayam.

A : Ayo kita main bola sama teman teman.
B : Jangan ah, gak boleh kumpul kumpul. Corona.
A : Arah gunung jati dimana pak ?
B : Oh, bapak lurs aja sampai pertigaan belok kanan

A : Jon bojomu ngko buko masak opo jon?
B : Jarene meh masak semur daging mau

A : Wah, itu awan bentuknya seperti tempe gembus..
B : Iya, seperti tempe gembus yg dah dipangan pitik..

A : Ayo kita main bola sama teman teman.
B : Aku dirumah aja.

Ketika elemen dramatik tema “sebuah perjalanan” diberikan, respon peserta sebagai berikut.
A : Aku udah siap, nih, berangkat, yuk.
B : Kemana, anjir?

A : Loh jadi gak ini?
B : Lah ayok skrg brgkt nya.

A : Aku udah siap berangkat persami di Bandung nih.
B : Loh, Kita kan anak ekstra hadrah.

A : Bise sampun dugi niki pak
B : Inggih mangga, niku barang e ampun kesupen pak

A : Udah dibilangin jalannya kesana, ngeyel, nyasar kan jadian!!!
B : Hehehe..iya

B : Wah iya, aku lupa bawa topi.
A : Tenang, aku bawa 2.

A : Heh jon kira"akhir tau penak e liburan nngdi yo?
B : Wahh haiki aku due rencana pie nek awak dewe liburan nng bandung?

A : Kemarin ada orang maksa naik motor padahal bannya kempes.
B : Itu aku naik motormu!

A : Kemarin aku lihat di sebelah jembatan waru ada kecelakaan, nanti kamu jadi balik lewat sana?
B : Jadi dong, aku juga udah lihat berita kalau lokasi itu sudah bersih dari bekas laka.

A: Sudah berapa siluman yg sudah kita kalahkan adik Wucing?
B: Sudah 99 siluman dan sebentar lagi kita akan sampai di barat kak Patkai.

A : Nda aku midak telek pas menggok prapatan mau.
B : Wis rasah wisuh, lanjutke wae le mlaku.

A. Kamu tau nggak kalo pantai siwuk sekarang ditutup?
B. Iya tau. Jadi kita nggak jadi kepantai besok minggu.

Ketika elemen dramatik latar “di pasar” diberikan, respon peserta sebagai berikut.
A : Ajeng tumbas pinten kilo ?
B : Cekere 2 kg mawon, endhase boten sios.

A : Wah aku wis kesel e lek.
B : Halah sithik engkas kui lho, bakule cendol kambil wis cerak.

A : Wes tak omongi nek barang mambu ki ojo di dol.
B : Po ono terasi seng ra mambu?

A: Pak jenang sumsum e taseh?
B: Wah saiki wes ra dodol e mas kesel le ngawe

A: Cabe sekilo donk kak
B: Oke dek.nih cabenya sekilo ya

A : Eh, tumben kamu ke pasar?
B : Iya nih, biasa, iseng, hehe.

A : Dul, aku pingin, deh jual topi butut ini di sini.
B : Jangan menggarami lautan, kamu, Di. Ini pasar, tempatnya orang jualan topi.

A : Mau beli apa mister?
B : Tidak tidak..saya cuma liat aja

A : Mas, tau Pak Tua penjual ikan asin yang biasa jual disini?
B : Dia sudah 3 hari ini gak julalan.

A : Peleme karo tengah wae sekilo, yo
B : Oo nggih monggo, ning campur sampluk kalih gajul purun?

A : Beringharjo ke Wirobrajan berapa Pak becaknya?
B : 25.000 aja tapi nggak usah nawar ya, butuh beli makan.

Ketika elemen dramatik suasana “kaget” diberikan, respon peserta sebagai berikut.
A : Cokkkk!
B : Asu, sandalmu selen.

A : Jancok, deloken iku?!
B : Duh, setan tah iku?!!

A : Eh monyong2!!!. kok kamu disini sih?
B : Lah aku nyariin kmu dari kemaren sup.

B : Aku ganteng yaa?
A : Apaaaaa???!!!

A : Astaghfirullah, ini topinya siapa yang aku pake dari tadi? Tak pikir punyaku.
B : Bodo amat.

A : Pakdhe Didi, maaassss... Pakdhe Didi meninggaaaaalllll!!!!
B : Hah!!! Beneran???!!!

A. Lho... Matamu kenapa?
B. Kena mercon kemarin sore.

A : Hasinnn!!!!!!
B : Astaga!!!

A : Aku habis kemalingan!
B : Waduh!

A : Mambu apa iki?
B : Woh, lali ngenget jangan.

A : Opo kui mau mak Srunthul?!
B : Mbuh, anakan kadal Zimbabwe yaknen.

A : bapak ngerti ra wingi ono kucing nyolong klambine ibuk
B : Ha!!!!!!tenanan ra le,wahh larang e lehku tuku

Ketika elemen tokoh diberikan di mana tokoh A adalah atlet dan tokoh B adalah penagih hutang diberikan, respon peserta sebagai berikut.
A : Mas saya mau senam, nih, udah ditunggu tim olimpiade di prapatan sana.
B : Bodo amat. Masnya bayar dulu utang barbel kemaren.

B : Sini sini, sepatu bolamu harus saya sita.
A : Sebentar om, saya tak sparing dulu

B : Bayar utangmu sekarang juga!!!
A : Bayar pake apa? Otot ?

A : Hei.. Ko lihat keringatku ini..
B : Iya tahu.. Tapi jangan lupa cicilan motornya juga segera ri bayar.

A : Loh loh mas supri di sini.ayok mas ikut maen basket
B : He sembarangan.saya di sini mau nagih hutang sampean yaa!!!!

A : Pak bisa nanti dulu g saya sudah mau start lari.
B : Ini sudah jatuh tempo. Pas waktunya.

A : Gimana klienmu, sudah bayar hutang belum? kalo belum, sini aku lempar barbel!!!
B : Belum, susah banget ditagih. kamu bawa barbel yang 10 kg ya, terus lempar ke kepalanya!!!

A : Kacamatamu itu bukan kaca mata renang lho.
B : Iya tahu! Topimu itu juga cuma topi koboi..

A : Cicilan bulan ini setelah dana Kejurda cair ya?
B : Adhuh, kan ditunda gara-gara Corona?

A : Rupamu meneh rupamu meneh, sik bar aku joging. Tunggu dilit!
B : Kesoken pa ya aku le nagih?

B : Mas bisa barang utangmu sekarang nggak!utangmu sudah 1 juta lebih.
A : Iya pak besok ya saya lagi BU banget ini pak.

B : Bosku, uang yang kamu pinjem buat beli kristal karambol kemarin belum kamu bayar lho.
A : Wah, uang kompetisi kemaren belum turun e mas.

Dari latihan ini, peserta terlalu memperhatikan elemen dramatik yang diberikan sehingga terjadi inkonsistensi dengan imajinasi awal yang dibangun. Setiap adegan kemudian menjadi berbeda-beda. Nah, untuk sesi berikutnya semua elemen dramati tersebut digabungkan sehingga menjadi keterangan utuh dan peserta kembali diminta untuk menyusun dialognya. Berikut salah satu contoh hasilnya di mana kemudian ada kesatuan (konsistensi) dalam adegan.

A: Dul, aku udah siap, nih, berangkat, yuk. Jadi ke pasar, kan?
B: Hayu wae, lah.
A: (sambil jalan) Eh Dul, pasarnya jauh gak, sih, dari sini? Aku kan orang baru di sini.
B: Halah, deket banget, tuh, hanya sepelemparan batu dari sini.
A: Wah iya, deket banget, tahu gitu ngapain tadi aku pakai topi ya? Baru jalan sak nyuk udah sampai ternyata.
B: Dibilangin, kok!
A: Ya ampun!!! Itu yang beli ikan asin bukannya Ade Rai?! Aduh, aku udah lama gak ikut kelas kursus binaraganya. Padahal lusa udah Olimpiade.
B: Gila! Bener kamu! Padahal dia itu dulu ngutang ke perusahaanku buat bikin kursusan itu, lho. Aku disuruh nagih gak berani, takut diantemi.

Demikian latihan “asosiasi elemen dramatik” yang dilakukan oleh teman-teman TbR. Proses membangun cerita (dialog) berdasar rangsang yang diberikan memampukan seseorang untuk mengasah nalarnya. Imajinasi akan bertemu dengan pengalaman literasi dan bertransformasi menjadi sebuah peristiwa fiksi. Sebuah peristiwa yang memiliki dunia dan aturan tersendiri meskipun sumber gagasannya berasal dari realitas yang ada. (**)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar