Minggu, 03 Mei 2020

Interpretasi Adegan – Latihan TbR Dari Rumah


Latihan TbR dari rumah malam ini tetap akan menggunakan WA Group sebagai media komunikasi. Namun kali ini kami mencoba memfungsikan “kirim-terima” video selain teks dan audio. Materi latihan adalah, “Interpretasi Adegan” sebagai bagian dari pembelajaran spontanitas dalam bermain peran. Adegan diberikan dalam bentuk narasi teks. Masing-masing peserta kemudian mengekspresikan teks tersebut sesuai interpretasinya, bebas. Ekpresi harus direkam dalam format video dan kemudian dikirimkan ke grup. Setelah itu, dengan teks yang sama diberikan arahan untuk memberikan tekanan tertentu dalam berekspresi. Peserta kemudian kembali merekam dan mengirimkan videonya. Tahap ketiga adalah kembali mengekspresikan teks yang sama dengan tanpa arahan, bebas. Setelah video ketiga dikirimkan, peserta kemudian diminta untuk mengamati video pertama dan ketiga serta memberikan komentarnya.

Adegan yang diberikan berupa kalimart dialog singkat, “Di dunia ini, tidak ada gading yang tak retak!”. Dari kalimat pendek ini teciptalah 3 video; video pertama tanpa arahan, video kedua dengan arahan, video ketiga bebas. Setelah masing-masing peserta diminta membandingkan video pertama dan ketiga, umunya berpendapat bahwa video ketiga terasa lebih nyaman. Tanpa disadari apa yang diekspresikan oleh peserta pada video ketiga merupakan asimilasi dari interpretasinya sendiri dan arahan  dari sutradara. Artinya, pada video ketiga itu, peserta menemukan ekspresinya tanpa merasa diarahkan meskipun apa yang dieskpresikan telah mendapat pengaruh dari arahan.

Dengan latihan ini, peserta secara mandiri telah berusaha melakukan improvisasi dan berusaha untuk spontan di mana mereka tidak melakukan arahan sutradara secara ketat. Apa yang mereka lakukan adalah pengembangan menurut interpretasi mereka sendiri atas arahan yang diberikan. Model latihan ini diambil dari konsep latihan Stephen Book untuk teknik improvisasi dalam teater berbasis teks.  Hadir dalam latihan; Andri, Bentar, Kayla, Tatag, Dila, Awis, Bagus, dan Dinu.(**)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar